Konfigurasi Routing OSPF Pada Perangkat Mikrotik - Rifan BLC
News Update
Loading...

Senin, 05 Maret 2018

Konfigurasi Routing OSPF Pada Perangkat Mikrotik

 Assalamualaikum Wr.Wb.
   Pada artikel kali ini, Saya akan memberikan tutorial Konfigurasi Routing OSPF Pada Perangkat Mikrotik. Setelah sebelumnnya, membahas tentang Konsep Routing OSPF Pada Perangkat Mikrotik.

A. Pengertian
   Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah protokol routing otomatis (Dynamic Routing) yang mampu menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis.
B. Latar Belakang
   OSPF termasuk kedalam Dynamic Routes sehingga akan memberikan kemudahan bagi kita semisal memiliki jaringan berskala besar.
C. Maksud dan Tujuan
    Supaya paham dan bisa konfigurasi OSPF pada jaringan dengan menggunakan perangkat Mikrotik.
D. Alat dan Bahan
   - 2 buah Laptop (Bisa lebih)
   - 2 buah RB Mikrotik (Bisa lebih)
   - Software Winbox
   - Kabel LAN
E. Waktu pengerjaan
   Sekitar 5 s/d 10  menit
F. Pembahasan
   Sepertinya, penjelasan tentang OSPF sudah cukup dibahas pada artikel sebelumnya. Jadi, kita langsung mulai saja konfigurasi OSPF pada perangkat Mikrotik. Yuk disimak..
  1. Buat topologi terlebih dahulu, supaya lebih mudah ketika konfigurasi. Kemudian hubungkan masing-masing Laptop / PC ke tiap Router seperti pada topologi. Lalu buka Winbox, dan mulai konfigurasi.

  2. Kita masukan alamat IP untuk tiap-tiap interface ethernet yang akan digunakan. Buka Winbox, masuk ke menu IP -> Address -> Add (+). Jika sudah, Apply dan OK
      # Router A
       # Router B
  3. Kemudian, buka menu Routing -> OSPF -> Networks -> Add (+). Masukan network address dari masing-masing router mikrotik. Network yang dimasukan adalah network dari Router A ke Router B, dan dari Router ke Laptop. Lalu Apply dan OK.
      # Router A
      # Router B
   4. Selanjutnya, buka tab Interface pada menu OSPF. Dan lihat apakah interface yang dikonfigurasi dengan OSPF dapat berjalan atau belum. Jika sudah ada simbol D (Dynamic), maka itu siap digunakan.
      # Router A
       # Router B
   5. Konfigurasikan DHCP Server pada interface (ether2) yang mengarah ke Laptop pada masing-masing router. Supaya tiap-tiap laptop dapat menggunakan alamat IP secara DHCP dari router yang terhubung dengannya. Klik Next hingga selesai.
      # Router A
       # Router B
  6. Untuk melihat apakah routing OSPF sudah jadi atau belum, silahkan cek pada menu IP -> Routes . Dan kita dapat melihat daftar routing dari tiap-tiap router. Jika OSPF berhasil, kita dapat melihat simbol DAo (Dynamic Active ospf) disana.
        # Router A
       # Router B
  7. Dan untuk lebih meyakinkan lagi, kita ubah konfigurasi IP pada tiap-tiap laptop menjadi mode DHCP / Otomatis. Maka laptop akan mendapat alamat IP DHCP dari router, kemudian cek alamat IP-nya.
      # Router A
      # Router B
  8. Coba tes ping antar laptop, jika hasilnya konek atau muncul pesan ICMP reply maka routing OSPF sudah berhasil kita buat.
      # Router A
     # Router B
G. Kesimpulan
   OSPF termasuk kedalam Dynamic Routes sehingga akan memberikan kemudahan bagi kita semisal memiliki jaringan berskala besar. 
H. Referensi
  - www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=154
  - https://mikrotikindo.blogspot.co.id/2015/11/konfigurasi-dasar-ospf-di-mikrotik_3.html
  - Mikrotik-Routing-Dinamis-OSPF.pdf

   Cukup sekian artikel Konfigurasi Routing OSPF Pada Perangkat Mikrotik yang dapat Saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi Diri Anda dan Diri Saya pribadi.
  Wassalamualaikum Wr.Wb.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done