Mengenal Lebih Dalam Mengenai FreeBSD - Rifan BLC
News Update
Loading...

Jumat, 23 Februari 2018

Mengenal Lebih Dalam Mengenai FreeBSD

Hasil gambar untuk freebsd
A. Pengertian
       FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari Unix AT&T lewat cabang Berkeley software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386 BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32), DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98. Dukungan untuk arsitektur ARM dan MIPS sedang dalam pengembangan. 

B. Latar Belakang
       Agar lebih mengenal tentang sistem operasi FreeBSD

C. Maksud dan Tujuan
       Mengenal lebih dalam mengenai FreeBSD

D. Pembahasan
       FreeBSD merupakan OS Open Source, system dengan FreeBSD dapat kita modifikasi untuk aplikasi-aplikasi khusus atau project-project tertentu. . Aplikasi yang dapat dijalankan di FreeBSD sangat banyak. Dari software development hingga automasi di pabrik-pabrik. 

       FreeBSD juga mendapat support dari berbagai pusat reset and universitas di seluruh dunia lewat aplikas-aplikasi yang mereka kembangkan. Kebanyakan orang menggunakan FreeBSD untuk alasan pembuatan jaringan computer atau server karena FreeBSD memiliki kelebihan Fast Networking, walaupun untuk tingkatan GUI Freebsd tidak kalah dibandingkan OS lainnya. 

       Aplikasi untuk jaringan yang tersedia di FreeBSD lebih lengkap dan stabil dibandingkan yang ada di Linux. Banyak orang yang mengakui bahwa server yang dibangun oleh FreeBSD hamper tidak pernah Down atau sangat jarang sekali Down. TCP/IP networking yang terdapat pada FreeBSD adalah platform yang ideal untuk berbagai layanan internet,seperti:
• FTP servers
• World Wide Web servers (standard or secure [SSL])
• Firewalls dan NAT (“IP masquerading”) gateways
• Electronic Mail servers
• USENET News ataupun Bulletin Board System
FreeBSD lebih stabil apabila sedang menangani penggunaan aplikasi atau memory yang berat dibandingkan OS lainnya. Dibawah ini akan saya rangkum tulisan yang telah dibuat diatas tadi menjadi 5 point yang mungkin anda dapat pertimbangkan untuk beralih ke FreeBSD, mudah-mudahan saja kalian terpengaruh, berikut hasilnya :
  1. Fitur Canggih: FreeBSD menawarkan fitur-fitur networking, sekuriti, performa, dan kompatibilitas yang masih tidak ada pada OS lain, bahkan pada OS-OS komersial yang paling terkenal.
  2. Kemampuan Internet: FreeBSD cocok untuk digunakan sebagau server Internet atau Intranet. FreeBSD mampu menyediakan layanan network yang baik dalam beban yang berat, dan menggunakan memory secara efisien untuk memberikan respons yang cepat untuk ribuan proses yang sedang dijalankan.
  3. Menjalankan banyak aplikasi: dengan lebih dari 17000 library dan aplikasi, FreeBSD menunjang aplikasi untuk desktop, server, appliance, dan embedded environments. Oh ya, FreeBSD bisa ngejalanin aplikasi Linux.
  4. Mudah untuk di-install: FreeBSD dapat di-install dari berbagai media seperti CD, DVD, atau dari network (menggunakan FTP ).
  5. GRATIS dan Open Source Code.
FreeBSD ini sudah ada sejak sekitar 15 tahun yang lalu dan mulai dikembangkan pada tahun 1993, dan masih dikembangkan sampai sekarang. Kalau sudah sukses nginstall FreeBSD yang pertama kali terlintas mungkin ‘Gila, Layar Item Euy’, itu karena sebelum diinstall x-windowsnya FreeBSD dapat kita gunakan melalui terminalnya saja artinya GUI-nya belum diinstall, oleh karena itu kita harus mengupgrade FreeBSD yang telah kita install tadi. Banyak server situs-situs internet dengan traffic jaringan yang tinggi yang menggunakan FreeBSD karena kehandalannya dalam menangani hal tersebut, diantaranya adalah :
  1. • Yahoo! (http://www.yahoo.com/)
  2. • Apache (http://www.apache.org/)
  3. • Blue Mountain Arts (http://www.bluemountain.com/)
  4. • Pair Networks (http://www.pair.com/)
  5. • Sony Japan (http://www.sony.co.jp/)
  6. • Netcraft (http://www.netcraft.com/)
Seperti kebanyakan OS lainnya, FreeBSD juga memilik mascot yang menjadi icon dari FreeBSD yang bernama BSD Daemon, atau biasa disebut beastie (BSD dibaca bi-es-di. Get it?). Beastie pertama kali muncul tahun 1976 di T-shirt Unix. Meskipun sempet ada perdebatan soal penggunaan beastie sebagai maskot karena dianggap bukan ciri khas FreeBSD, akhirnya beastie dipakai juga sebagai maskot resmi FreeBSD project.

E. Kesimpulan
       Ternyata FreeBSD merupakan sistem operasi yang tangguh terutama dibidang server.

F. Referensi 
https://mievta.wordpress.com/2009/11/30/mengenal-freebsd/

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done