Mengenal Fitur Web Proxy Pada Mikrotik - Rifan BLC
News Update
Loading...

Rabu, 07 Maret 2018

Mengenal Fitur Web Proxy Pada Mikrotik




  Assalamualaikum Wr.Wb.
   Pada artikel kali ini, Saya akan memberikan informasi mengenai salah satu komponen pendukung dalam suatu jaringan (internet) yaitu Proxy dan Web Proxy yang dikhususkan pada Mikrotik.

A. Pengertian
   Proxy adalah suatu aplikasi yang menjadi perantara atau menjembatani akses klien dengan server di internet, sehingga klien tidak akan berhubungan langsung dengan tiap server pada internet.
B. Latar Belakang
   Mikrotik memiliki fitur web proxy yang bisa digunakan sebagai proxy server, sehingga akan menjadi perantara antara browser klien dengan web server di internet.
C. Maksud dan Tujuan
   Supaya lebih paham mengenai Proxy dan Web Proxy, serta dapat mengerti fungsi juga cara kerja proxy / web proxy dalam jaringan internet.
D. Pembahasan
    Proxy merupakan perangkat yang bersifat "middleman" atau penengah, yang bekerja diantara Klien dan Server, bertugas menghadle transmisi request ataupun respon. Data yang melewati proxy, bisa diubah oleh proxy atau tidak diubah sama sekali, tergantung implementasi fitur dan kemampuan proxy.
   Cara Kerja Web Proxy
    User mengakses suatu situs lewat browser, kemudian browser mengirimkan HTTP request ke server. Namun karena web proxy pada komputer user sudah aktif, maka web proxy akan menerima HTTP request terlebih dahulu yang nantinya web proxy tersebut akan membuat HTTP request baru atas nama dirinya. Selanjutnya HTTP request baru itu dikirimkan web proxy ke server, dan server akan membalas dengan HTTP response yang akan diteruskan oleh web proxy ke broswer user.
   Perbedaan Web Proxy dengan NAT
  •   Saat menggunakan NAT, mikrotik hanya akan meneruskan HTTP request yang dibuat oleh browser user. HTTP Request tersebut akan diteruskan ke server oleh mikrotik tanpa membuat HTTP request baru seperti halnya pada web proxy.
  •   NAT hanya menangani paket data saja, sedangkan proxy memeriksa konten dari HTTP request dan reponse secara detail.
   Kerugian menggunakan Web Proxy
     Jika menggunakan Web Proxy, maka mikrotik akan membuat HTTP request baru atas nama dirinya, sehingga akan memggunakan sumber daya memori dan CPU yang lebih besar daripada hanya menggunakan NAT. Hal ini akan membuat router mikrotik sewaktu-waktu bisa hang dan koneksi internet menjadi lambat jika sumber daya mikrotik terlalu berlebihan.
   Keuntungan menggunakan Web Proxy
     Fungsi dari proxy secara umum adalah sebagai Caching, Filtering, dan Connection Sharing. Berikut keuntungan dan manfaat web proxy pada mikrotik:
  •   Caching, yaitu menyimpan beberapa konten web yang disimpan di memori Mikrotik. Konten tersebut akan dapat digunakan kembali apabila ada permintaan pada konten itu lagi. Hal ini dapat menghemat bandwidth internet dan mempercepat koneksi ke konten tersebut.
  •   Filtering, yaitu kemampuan untuk membatasi atau menyaring akses konten-konten tertentu yang di request oleh client. Kita juga dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP.
  •   Connection Sharing, yaitu kemampuan untuk meningkatkan level keamanan pada jaringan, karena komputer user tidak berhubungan secara langsung dengan web server yang ada di internet.
E. Kesimpulan
   Dapat kita simpulkan bahwa fungsi utama Web Proxy adalah sebagai perantara antara koneksi klien dan server pada internet. Sehingga keamanan dan informasi dari user dapat terlindungi dari ancaman pada saat mengakses suatu situs atau server tertentu di internet.
F. Referensi
  - https://mikrotikindo.blogspot.co.id/2013/04/penjelasan-web-proxy-mikrotik.html
  - http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=72
  - MikroTik MTCNA The NetVlops Roadshow 1.pdf

   Cukup sekian artikel Mengenal Fitur Web Proxy Pada Mikrotik yang dapat Saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi Diri Anda dan Diri Saya pribadi.
  Wassalamualaikum Wr.Wb.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done